Berjalan Bersama Sang Juruselamat

Dampak Positif dan Negatif Pacaran

06/08/2010 20:49

Setiap dari kita pasti pernah merasakan jatuh cinta, bahkan diantara kita pasti ada yang pernah merasakan yang namanya pacaran. Web ini mendapat saran untuk membahas tentang pacaran dan setelah saya browsing di GOOGLE tentang pacaran menurut Kristen, kali ini saya akan membahas dampak pacaran bagi anak-anak muda Tuhan. Baik yang positif maupun yang negative. Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua.

Pertama saya akan membahas dampak positif dahulu.

Dampak positif yang akan saya bahas adalah pengalaman saya ketika saya pernah pacaran , yaitu :

  1. Pacar akan membuat kita tetap semangad.

  2. Pacar membantu kita dalam belajar,apalagi kalau pacar kita adalah orang yang pintar.

  3. Pacar akan membatu kita dalam memecahkan suatu masalah, apalagi kalau dia adalah orang yang penuh dengan solusi dan                seorang PROBLEM SOLVER.

  4.  Pacar membantu kita dalam men-sharingkan sesuatu.

 

Mungkin hanya itu menurut saya dampak positif pacaran.

Nah, setelah dampak positif , saya akan membahas dampak negative pacaran. Dan menurut saya pribadi banyak sekali dampak negative pacaran, diantaranya :

  • 1.       Pacaran akan membuat kita lupa akan Tuhan. Pacaran akan menghabiskan waktu kita berhubungan dengan Tuhan dan menjalin hubungan yang lebih intim dengan Tuhan

  • 2.       Pacaran akan membuat kita sulit berkomunikasi dengan Tuhan, karena tubuh dan pikiran kita masih ditutupi oleh hal-hal duniawi.

  • 3.       Pacaran akan membuat kita tidak KUDUS lagi di hadapan TUHAN. Karena TUHAN berkali-kali berfirman kalau kita harus mengejar kekudusan. Contohnya ,

Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.(Roma 12 :1)

  • 4.       Pacaran akan menjadi celah IBLIS untuk mempengaruhi kita berbuat dosa. Celah yang sekecil apapun, akan membuat IBLIS masuk untuk membuat kita menjadi seorang pendosa !

  • 5.       Pacaran akan membuat kita serupa dengan dunia ini. Alkitab berkata

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.(Roma 12:2)

Menjadi serupa dengan dunia seperti, pacaran dunia yaitu berpegangan tangan, berpelukan, bahkan ciuman. DUNIA mengatakan ini hal biasa yang dilakukan ORANG DUNIA, namun ALKITAB berkata kita harus hidup kudus. Dan hidup kudus bukan hanya menjaga kita dari dosa sex, melainkan dari berpegangan tangan. Karena sekecil apapun dosa kita, akan membuat IBLIS menjadi senang dan akan semakin membuat kita melakukanya dan membuat dosa kita semakin besar. Dan tentunya Tuhan tidak akan menyukai itu.

  • 6.       Pacaran akan membuat kita sulit untuk mengenal karakter dan pribadi kita masing-masing.

Mengapa saya bilang demikian? Kerena ketika kita pacaran, kita akan menghabiskan waktu dengan si dia dan kita akan kehabisan waktu untuk megenal karakter kita dengan kegiatan-kegiatan lain. Seperti olah raga dan mengenal talenta yang ada pada kita. Karena setiap manusia diberikan talenta masing-masing. Dan kalau kita setiap hari pacaran, kapan kita mengembangkan talenta kita ? atau dalam seminggu kita sekolah atau kuliah dalam 5 atau 6 hari,dan 1 hari kita habiskan untuk pacaran dan bertemu pacar dan kapan waktu untuk TUHAN dan mengenal karakter masing-masing ? banyak orang yang belum mengenal TALENTAnya karena dia masih sibuk dengan urusannya masing-masing dan hal-hal dunia.

  • 7.       Pacaran akan membuat kita menduakan Tuhan

Ya, diantara kita yang pernah pacaran pasti pernah mengalami hal ini. Ketika kita mau ke Gereja, lalu si pacar menelepon dan minta diajak jalan, lalu kita akan tergoda untuk tidak ke gereja. Atau ketika kita di gereja, si pacar tiba-tiba sms dan akhirnya konsentrasi kita dalam ibadah pun terganggu. Bahkan ketika malam tiba, ketika kita mau berdoa mau tidur, tetapi sang pacar belum SMS, kita akan menunggu pacar SMS dahulu barulah kita berdoa. Dan banyak lagi hal-hal yang  menurut kita kecil, tetapi itu merupakan hal yang sangat besar. Dan sesungguhnya tidak ada dosa besar ataupun kecil. Semua sama di mata Tuhan.

  • 8.       Pacaran akan membuat kita putus asa ketika sedang PUTUS CINTA

Putus cinta ?? siapa yang mau ? setiap orang pasti tidak mau PUTUS CINTA. Namun biasanya ketika orang putus cinta, dia akan tampak murung, sedih, tidak nafsu makan. Dan kalau itu terjadi, apakah masih kita ingin pacaran? Kalau saya tidak akan, sampai Tuhan memang menghendaki saya untuk pacaran.

 

Mungkin itu beberapa alasan yang dapat saya jelaskan tentang dampak positif dan negative. Dan sebenarnya pacaran itu tidak salah, namun sesuai artikel yang saya tulis sebelumnya,kita harus sesuai dengan ALKITAB.  Kalau tidak bisa, lebih baik jangan pacaran. Karena itu hanya membawa kita ke dalam dosa.

Kalau kita sudah mempunyai pacar, hendaklah kita berkelakuan sesuai dengan ALKITAB, namun kalau kita belum mempunyai pacar atau baru putus dari pacar kita, itu berarti Tuhan mau kita focus kepadaNya. dan tenang saja. Tuhan pasti berikan jodoh yang terbaik buat anak-anakNya sesuai dengan waktuNya, BUKAN WAKTU KITA !!!

Semoga artikel ini dapat membantu kita dalam berpandangan tentang pacaran.

 

Tetap Senangkan Hati Tuhan setiap SAAT !!! 

© 2010 All rights reserved.

Create a website for freeWebnode

+ Thanks for visit us...God bless us full +